Pages

Kisah Sukses : Riska Pengusaha Barang Online

4.22.2014
Hallo sahabat sukses .. Nama ku Riska Yunita . Umurku masih 17thn , masih muda banget dong pastinya :D . Aku sekarang duduk dibangku kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di kota Malang . Kenapa aku lebih memilih SMK dari pada SMA ? karena SMK salah satu jenjang pendidikan menengah yang bertujuan mempersiapkan lulusannya bisa langsung bekerja . Kita juga bebas menentukan bidang keahlian dan keterampilan yang bisa dikembangkan melalui SMK . Dan juga didorong untuk memiliki bakat berwirausaha . Nah itu beberapa alasan kenapa aku lebih suka SMK teman , sebenarnya sih masih banyak lagi tapi kalo dijelasin satu-satu pasti lebih dari dua hari dua malem hehe . Kali ini aku mau sharing ke teman-teman tentang usaha yang aku rintis saat ini , barangkali teman-teman ada yang berminat mengikutinya .. Sebelum aku terjun langsung ke dalam bisnis online , aktivitasku hari-harinya ya hanya ngobrol, ngerumpi, ngehabisin uang buat beli barang-barang yang belum berguna, dan pasti kuliner juga yang paling sering aku lakuin sama teman-temanku . Gak berguna banget kan yaa kalo hidup cuma dibuat foya-foya aja kayak gitu . Apalagi itu uang dari hasil jerih payah orang tua kita pasti mereka sedih banget kalo tau kelakuan anaknya seperti itu .



Berbisnis online pun aku juga belajar dari tempat aku prakerin (praktek kerja industri) saat ini . Aku mendapat banyak sekali pengetahuan dan pengalaman tentang bisnis online . Awalnya aku bingung harus berjualan apa dan mendapat barang yang aku jualkan dari mana , karna yang aku tau hanya datang ke sebuah toko untuk membeli sesuatu yang aku inginkan lalu membayarnya dengan uang yang aku punya tanpa tau barang itu dari mana dan kenapa mbak-mbak itu bisa berjualan seperti itu . Dan perlahan aku mendapat pengarahan dan pencerahan dari pembimbingku di perusahaan tempat aku magang . Lalu aku mencerna dan berfikir sejenak jual barang apa yang saat ini lagi musim-musimnya dan yang banyak juga diminati saat ini . Sekilas ada pikiran yang mengarah kepada istri dari kakak sepupuku , Shirly namanya . Kak Shirly ini ternyata juga menjual baju-baju secara online . Kemudian aku bersilahturahmi dan sekaligus menjelaskan maksud dan tujuanku dengan kak Shirly . Setelah aku menjelaskan semuanya , ternyata dia menyetujui gagasanku yang juga ikut membantu menjualkan baju-bajunya secara online . Aku sangat senang sekali dan langkah pertama yang saat itu aku lakukan adalah aku langsung minta foto-foto dan harga baju dari kak Shirly . Keesokan harinya aku langsung membuat blog yang berisikan tentang baju-baju yang aku jualkan teman .

 
Awalnya memang masih belum ada yang memesan baju-bajuku . Tapi aku juga tidak boleh putus asa dan harus tetap sabar , toh rejeki juga uda di atur sama yang di atas kan .. Selain di blog aku juga menjualkan barang-barangku di facebook dan twitter teman . Jadi kita harus sebanyak mungkin berjualan di media apapun biar jualan kita cepat laku gitu hehe ... 

Tapi teman , lama-lama juga bosen juga ya kalo kita posting nya cuma baju, baju dan baju . Aku aja yang selalu posting baju rasanya bosen juga apalagi yang liat postingan , pasti mereka juga bakalan jenuh dan endingnya gak jadi beli deh -_-
Nah, tapi kita juga gak boleh terlalu larut dengan kata "bosen" . Coba aja kita cari fariasi baru buat produk yang kita tawarkan . Misalnya nih , selain baju kita juga harus cari supplier produk yang lain juga biar kita gak stay di baju itu . Kan sekarang juga jamannya udah canggih banget , nah kita bisa aja langsung cari di google kategori produk apa yang akan kita jualkan contohnya sepatu , tas , gelang , baju cowok , assesoris remaja, dll .


Setelah beberapa minggu aku cuma stay berjualan baju , aku juga pengen kayak saran yang diatas nih buat nambah produk aku lagi . Aku udah berhasil buat dapetin supplier di kota ku yang tempatnya tak jauh dari tempat tinggalku . Kalo kalian pengen yang murah di ongkos, mending kalian juga cari supplier yang dekat dengan tempat kalian tinggal ya paling enggak satu kota lah . Tapi kalo kalian udah dapetin supplier yang jauh dari kota kalian tinggal , mending cari yang lain lagi deh soalnya pasti mahal di ongkir (ongkos kirim). Saat ini produk yang aku tawarkan di online cukup berfariasi loh teman. Contohnya : baju wanita, baju pria, sepatu/sandal wanita, tas santai, tas ransel, behel gigi, softlens mata, jam tangan, aduh apalagi yaa aku agak lupa nih teman :D




Di atas adalah contoh gambar beberapa produk yang saat ini sedang aku jajaki . Keuntungan yang saat ini aku rasakan berbisnis online, awalnya aku tak perlu menyewa tempat/lahan untuk menawarkan produk-produk ku, tak perlu juga membatasi jam kerja untuk kita berjualan online, tak perlu ngotot teriak dipinggir jalan untuk supaya ada yang minat dengan produk kita, dan tak perlu juga mampir ke rumah-rumah tetangga untuk menawarkan produk-produk kita , iyaa kalo tetangga ada yang beli , nah kalo malah kita rugi di ongkos gimana ? pelu dipertimbangkan lagi teman . 

Kita hanya perlu pertama media untuk kita menawarkan produk , contohnya komputer, laptop, handphone . Kedua produk yang akan kita jual juga harus identitasnya , contohnya harga, bahan . Ketiga minimal kita harus punya facebook untuk mengupdate produk-produk kita . Nah setelah itu kita hanya tinggal memposting sebanyak-banyaknya dan gak perlu khawatir dengan jam kerja . 

Itu pengalaman yang dapat aku bagikan ke kalian nih teman, ambil yang positifnya aja yaa dan kalo ada yang negatif kalian buang aja gapapa kok aku ikhlas .. Intinya tetap semangat, selalu rendah hati, jangan pantang menyerah ataupun putus asa, dan jangan lupa berdo'a yaa .. Salam sukses ;;)


Kalian juga bisa join dengan aku :

Blog        : http://wowriska.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar