Pages

Bisnis Online Itu Mudah Dan Murah

4.22.2014
Pada postingan ini kita bicarakan tentang beberapa aspek bisnis online yang sampai hari ini semakin banyak yang memperbincangkan. Untuk yang belum tahu apa itu bisnis online, ada baiknya baca dulu artikel saya tentang apa itu  bisnis online.
Ok. Kita lanjutkan. Kita akan bicara lebih spesifik tentang beberapa hal yang membuat bisnis online lebih mudah dilakukan daripada bisnis konvensional. (Meyakinkan sekali ya kata-katanya. He…he…he…).
Sebelumnya ijinkan saya bercerita terlebih dahulu tentangsebuah sayembara yang dilakukan oleh seorang raja.
Suatu ketika seorang raja mengadakan sayembara yang berupa sebuah perlombaan renang. Bagi pemenang dalam lomba renang akan mendapatkan hadiah 500 juta dan dinikahkan dengan putrinya. Suer…. Putrinya cantik banget, masih 20 tahun, lagi mbois-mboisnya…. Kalo ente lihat pasti ngiler. He..he..he… hadah kok jadi ngelantur…. J
Oke, kita lanjutkan. Nah karena begitu menggiurkannya hadiah yang di janjikan oleh sang raja (Kalo saya yang janjikan, mungkin ga ada yang percaya ya… J). Banyak pemuda dari berbagai penjuru berlatih keras untuk bisa memenangkan perlombaan itu.
Pada hari perlombaan yang telah ditentukan, berbondong-bondonglah para pemuda tadi untuk mengikuti lomba. Namun ada seorang pemuda kurus kering kerontang (Habis dah J) dalam kerumunan itu yang tidak tahu menahu tentang adanya perlombaan. Dia dalam kerumunan itu ingin mencari tahu ada apa gerangan kok tiba-tiba banyak orang.
Setelah sampai pada kolam yang ditentukan, semua pemuda yang telah melakukan persiapan tadi pada ragu dan tidak berani untuk berenang dalam kolam karena ternyata didalam kolam terdapat banyak buaya. Nah, si pemuda kurus kering kerontang tak sengaja tercebur karena terdorong oleh kerumunan.
Menyadari dia dalam kolam dan disekitarnya banyak buaya dan mulai mendekatinya, pemuda kurus tanpa pikir panjang berenang sekuat tenaga menjauh dari kejaran buaya. Meskipun awalnya dia tidak bisa berenag, namun karena sekawanan buaya terus mengejarnya, dengan sekuat tenaga yang tersisa dia terus  berusaha menjauh dari kejaran buaya.
Dengan ketakutan yang teramat sangat, si pemuda kurus tanpa terasa telah sampai diseberang kolam dan segera naik ke daratan dengan tubuh gemetaran dan wajah pucat sambil memandangi buaya-buaya di kolam dan kerumunan pemuda yang bersorak diseberang sana.
Belum habis gemetarannya, tiba-tiba pundaknya ditepuk oleh raja dan mengucapkan “Selamat, saudara berhasil dan silakan ambil hadiahnya”. Sambil masih gemetaran dia menjawab “Selamat apa ?, berhasil apa ?, hadiah apa ?”. Sang raja tersenyum sambil menunjukkan cek dengan angka 500 juta dan menunjuk putri cantiknya yang sedang berjalan menuju kearahnya. Dengan heran dan masih takut, dia langsung pingsan. He…he…he… tamat J.
OK. Entah bagaimana ente memaknai cerita itu, ayo kita lanjutkan perbincangan tentang kemudahan bisnis online. Ada beberapa hal yang menjadikan bisnis online itu lebih mudah daripada bisnis konvensional yaitu :

Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.
Bisnis online hanya membutuhkan seperangkat komputer yang terhubung dengan internet. Jadi kita bisa melakukan bisnis ini dimana saja ada koneksi internet dan kapan saja kita inginkan. Tidak perlu harus ke kantor dan mengikuti jadwal dan aturan kantor yang ketat.

Relatif membutuhkan waktu yang sedikit.
Dalam bisnis online, kita tidak perlu setiap hari harus bekerja. Cukup kita luangkan waktu 2 jam sehari dan 3 hari dalam seminggu. Kita hanya perlu melakukan perawatan terhadap blog kita, update status di social media, dan pasang iklan. Setelah itu kita bisa lakukan kegiatan lainnya.

Tidak butuh modal besar
Bisnis online hampir tidak membutuhkan modal. Satu satunya modal hanyalah biaya akses internet. Bandingkan dengan bisnis konvensional, biaya dan tenaga yang dibutuhkan cukup besar. Biaya pembuatan produk, pemasaran, dan lain lain. Belum lagi kalo sampe buat toko. Bandingkan dengantoko online yang berupa sebuah blog, bisa gratis. :).

Itulah beberapa hal yang menjadikan bisnis online jauh lebih mudah untuk dijalani daripada bisnis konvensional. Sebenarnya masih banyak alasan-alasan yang lain. Namun dengan tiga alasan ini saja saya rasa cukup alasan buat kita untuk segera menerjuni bisnis online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar