Pages

Ilmu Bisnis Online dari Timnas Sepakbola Indonesia

5.01.2014
raih kesuksesan bisnis dengan mengambil pelajaran dari timnas u-19

Pelajaran Bisnis Online dari Timnas U-19 Indonesia

Sejenak lupakan dulu labil ekonomi yang dihadapi oleh bangsa dan negara tercinta, mari kita luangkan waktu untuk menikmati pesta euforia kemenangan timnas u-19 Indonesia atas Korea Selatan pada Sabtu 12 Oktober 2013 lalu. Orang Indonesia mana yang tak bangga melihat betapa luar biasanya permainan pada punggawa Garuda Jaya yang dikomandoi oleh Evan Dimas. Tak tanggung-tanggung, tim sebesar Korea Selatan yang 12 kali juara AFC u-19 pun sanggup ditaklukkan.
Meski melalui perjuangan yang tidak mudah, namun kita harus mengapresiasi prestasi gemilang Evan Dimas dan kawan-kawan. Kemenangan Garuda Muda atas Taeguk Warriors bukanlah sebuah kebetulan belaka. Didukung permainan tiki-taka ala Spanyol dipadu skill individu yang mumpuni plus stamina yang memadai, membuat permainan tim besutan pelatih Indra Sjafri ini sulit dibendung.
Nah lantas, adakah pelajaran dan pesan moral yang bisa kita petik dari timnas u-19 yang sedang begitu gagah ini?. Lewat artikel ini saya akan menyampaikan sejumlah inspirasi dan pelajaran berharga yang bisa anda petik dari keberhasilan timnas Garuda Muda dalam beberapa bulan terakhir ini.
  • Jadilah 10 Kali Lebih Baik dari Kompetitor Anda. Bagi Anda yang menonton langsung sejumlah pertandingan timnas Garuda muda pasti tahu betapa unggulnya kualitas Evan Dimas, Maldini, Ilhamudin dan kawan-kawan dibanding dengan sejumlah lawan. Terlihat jelas saat pertandingan melawan Korea Selatan lalu, juara Asia itu bahkan sempat kedodoran menghadapi gempuran Garuda muda. Nah pelajaran semacam ini bisa kita adopsi untuk melecut semangat tempur bisnis online kita, kita harus berusaha menjadi 10 kali lebih baik dari kompetitor. Baik saja tidak cukup, kalau yang lebih baik masih mungkin. Sederet perusahaan besar di ranah internet pun setuju dengan prinsip ini. Lihatlah Amazon.com, ketika baru dibangun Amazon.com langsung menjual 3 juta judul buku. Lebih banyak dan lebih baik dibandingkan toko buku sejenis yang sudah ada waktu itu. Lain lagi dengan Google, kendati sebelum era kejayaan Google sudah ada beberapa mesin pencari yang cukup populer, namun Google sanggup merajai pasar mesin pencari internet. Ini terjadi karena Google sanggup membuat layanan mesin pencari mereka lebih pintar (asal tahu saja, mesin pencari Google bisa membedakan antara Apple computer dengan apple buah  ), lebih personal dan lebih nyaman untuk digunakan. Luar biasa bukan? Mari kita tingkatkan terus kualitas layanan kita. Ayo 10 kali lebih baik daripada kompetitor.
  • Sopan dan Jadilah Unik. Di sejumlah pertandingan, kita bisa lihat bahwa para punggawa timnas u-19 ketika meninggalkan lapangan saat diganti, selalu bersalaman dan mencium tangan sang pelatih dan orang yang lebih tua dari mereka. Pernah lihat pemain bola seperti ini di liga Eropa sana? Hmm.. kalau Anda pencinta liga Eropa dan dunia pasti jarang atau bahkan tidak pernah lihat pemain bola mencium tangan sang pelatihnya saat digantikan ke luar lapangan. Satu kata yang direpresentasikan oleh punggawa timnas u-19, mereka sopan. Ya sopan dan ramah memang kunci utama untuk membangun kedekatan yang harmonis dan indah dengan pelanggan. Selain sopan, selebreasi Garuda Jaya pun unik, yakni sehabis mencetak gol mereka akan ramai-ramai sujud syukur, betapa indahnya jika melihat pemandangan ini.
  •  Religius. Bisnis adalah suatu kegiatan yang tidak akan pernah terpisahkan dari agama dan Tuhan. Sumber rezeki adalah Dia yang Maha Kaya. Apapun aspek kehidupan kita tidak akan pernah lepas dari sisi agama dan keyakinan. Termasuk para pemain timnas u-19 pun dituntut untuk senantiasa religius dan dekat dengan Tuhan. Terbukti dari selebrasi yang kerap dilakukan, mereka selalu mengembalikan semua keberhasilan mereka kepada Tuhan yang Maha Kuasa. Di luar lapangan pun juga begitu, para punggawa timnas u19 sebelum bertanding selalu berdoa dan memohon restu orang tua. Bukankah dalam buku 7 Keajaiban Rezeki, sudah jelas bahwa restu orang tua termasuk dalam faktor yang amat mempengaruhi keberhasilan kita?. Untuk itu jangan pernah lupakan untuk selalu ibadah dan menjalankan perintah agama meskipun Anda sibuk dalam urusan bisnis, termasuk bisnis online.
  • Optimis. Beberapa hari sebelum pertandingan melawan Korea Selatan, Indra Sjafri (pelatih timnas u19) sempat mengeluarkan statement yang begitu fenomenal. Beliau mengatakan bahwa Korea Selatan tidak perlu dibesar-besarkan, yakin Indonesia pasti bisa mengalahkan Korea Selatan. Sebagian orang menganggap coach Indra ini takabur dan arogan, padahal tidak seperti itu, Beliau justru bermaksud untuk memacu semangat juang anak didik-nya sekaligus membangkitkan optimisme bangsa Indonesia. Bukankah energinya akan sangat dahsyat ketika seluruh bangsa Indonesia memustakan semua dukungan untuk timnas u19?. Lihatlah sederet pelatih kelas dunia, sebut saja Jose Mourinho, Pep Guardiola, Sir Alex Ferguson, mereka semua adalah figur yang optimistis. Mereka pandai melecut semangat tempur pasukannya. Nah apakah kita juga bisa bersikap optimis dan bersemangat seperti figur-figur di atas? Jawabannya sudah pasti sangat bisa. Ayo kita optimis, yakinlah bahwa kita pasti bisa untuk sukses.
  • Menjaga Fisik dan Kesehatan Mental. Sehebat apapun Anda sebagai pebisnis, hidup akan terasa kurang lengkap jika Anda sakit dan mental Anda tertekan (stress). Tengoklah para punggawa timnas u-19, fisik mereka benar-benar kuat dan luar biasa. Jauh di atas rata-rata para pemain bola Indonesia. Mereka sanggup berlari dan bermain baik dalam pertandingan, bahkan saat melawan Vietnam u-19 di final piala AFF lalu pun laskar Garuda Muda harus bertanding lebih dari 120 menit. Sebagai pelaku bisnis, jelas kita bisa mengadopsi pelajaran ini. Kita harus tetap mengembangkan pola hidup sehat yang seimbang, agar kita terbebas dari penyakit, baik penyakit fisik ataupun penyakit mental (pikiran). Siap untuk hidup sehat dan seimbang?
Nah sahabat pembaca, itulah 5 ilmu yang bisa kita petik dari luar biasanya timnas u-19 kebanggaan kita semua. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar