Pages

Kisah Sukses : Lizbeth Pengusaha Baju Online

4.21.2014
Hai sobat sukses, perkenalkan nama saya Lizbeth Yulia Christi, biasa dipanggil Lizbeth. Saya berumur 16th dan duduk di bangku SMK kelas XI di salah satu sekolah menengah kejuruan di Malang. Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya mengenai perjalanan saya menjadi seorang pengusaha sukses. Sejak menginjak bangku SMK kelas 2, saya baru mengerti dan mendalami dengan namanya berwira usaha khususnya jual beli online. Padahal sudah dari kelas 1 SMK  saya ada pelajaran wirausaha di sekolah namun sebelumnya saya masih belum paham. Bermula ketika saya praktek kerja di sebuah perusaan jual beli online di Malang. Awalnya saya sedikit kurang paham tentang usaha ini, namun lama kelamaan saya mulai terbiasa. Menurut saya untuk menjadi seorang yang sukses tidak harus dengan usaha yang langsung besar atau dengan project yang mewah, namun di mulai dari hal yang sederhana yang penting tetap tekun dan melakukannya senang hati. Pada saat saya praktek kerja, saya di beri tugas untuk berjualan online. Saya bingung, tentang barang apa yang akan saya online-kan dan dapat dari mana barang tersebut. Kebetulan sepupu saya yang ada di Solo berjualan kebaya dan basofi, lantas saya langsung menghubunginya dan berkata kalau mau menjualkan kebayanya dengan cara online. Saya mulai memposting gambar-gambar kebaya-kebaya sepupu saya di Facebook, Twitter, dan saya juga membuat blog khusus untuk jualan kebaya saya, namun masih sepi pembeli.



 Harga kebaya yang mahal serta hanya di gunakan dalam moment-moment tertentu seperti wisuda dan pernikahan mebuat jualan saya sepi pembeli. Namun saya tidak menyerah dan tetap melakukan banyak posting serta promosi, dan alhasil ada orang yang memesannya. Meskipun hanya 1 orang yang membeli, sudah membuat saya sangat senang karena ternyata tugas jual beli online saya berhasil. Saya tidak tinggal diam dengan usaha menjual kebaya secara online,  saya kemudian menjual baju casual wanita dan anak-anak. Saya mengambil barangnya dari teman kakak saya yang kebetulan berjualan online juga.



Berbeda dengan kebaya yang sasarannya hanya tertuju pada orang dewasa dan kalangan tertentu saja. Saat saya berjualan baju casual wanita dan anak-anak, banyak sekali peminatnya. Semua orang bisa beli karena harganya yang sangat terjangkau. Kebanyakan yang beli dari teman dekat, teman sekolah, dan keluarga. Intinya, jika ada barang baru harus langsung up-date langsung posting. Sering-sering postinglah di FB / Twitter / Blog atau juga di forum-forum seperti Kaskus, Berniaga.com , Toko Bagus.

Ternyata menjadi seorang pengusaha yang awalnya saya pikir ribet dan butuh modal banyak jauh dari perkiraan saya. Menjadi seorang pengusaha tidak sesulit yang saya pikirkan. Harus selalu berinovasi, tidak boleh diam di tempat dan mengandalkan yang itu-itu saja. Meskipun usaha baju wanita saya lebih laris dari pada kebaya, namun saya tidak meninggalkan usaha kebaya itu. Saya tetap sering posting dan meng-update tanggal blog saya. Di diamkan saja, pasti suatu saat nanti juga ada yang tanya.

Menjadi pengusaha itu asik juga, khususnya pengusaha online. Anda tak harus memiliki atau bahkan menghabiskan uang untuk menyewa toko. Tak hanya itu, bisnis online juga minim risiko. Jika produk yang anda tawarkan tidak menarik minat pembeli, risiko kerugian lebih rendah. Pasalnya, sebagian besar produk bisnis online hanya berdasarkan pesanan yang masuk. Tak hanya itu, bahkan dengan menjadi pengusaha online ini tak membutuhkan modal promosi atau beriklan, karena sampai saat ini sudah banyak penyedia layanan yang memberikan kebebasan untuk membuat website anda sendiri secara gratis. Fleksibilitas waktu kerja dan juga toko yang "selalu buka 24 jam" menjadi salah satu keunggulan bisnis online. Tampilan dari website membuat gambar dan informasi seputar produk menjadi lebih menarik dan dapat dilihat selama 24 jam oleh masyarakat di seluruh dunia. 

Begitulah pengalaman saya menjadi seorang pengusaha sukses. Meskipun saya masih duduk di bangku SMK kelas XI , namun saya dapat membuktikan jika anak seusia saya dapat menjadi seorang pengusaha yang sukses. Semoga dapat menginspirasi anda sekalian ^^ salam sukses.

Kunjungi juga Website saya dan Grup saya :








1 komentar: